Berita


Berita


Rabu, 23 Agustus 2023 | 527 views
SMPN 2 Klaten Juara I Festival Band Anti Korupsi

Klaten - SMP Negeri 2 Klaten berhasil meraih juara pertama pada Festival Band Antikorupsi Tingkat SMP Kabupaten Klaten yang diadakan oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Klaten. Grup Band yang diberi nama “Exoteris Band” berhasil meraih juara pertama pada Festival Band Antikorupsi Tingkat SMP di Kabupaten Klaten pada Senin (21/8). Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka perayaan hari jadi Kabupaten Klaten ke 219 dan Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78.

 Tahapan lomba ini cukup panjang, mulai proses membentuk band pada 25 Juli 2023 lalu, dilanjutkan dengan serangkaian latihan di sekolah maupun di studio. Pengambilan video klip dilakukan di studio, kemudian video hasil rekaman dikumpulkan kepada panitia pada tanggal 7 Agustus 2023. Tahap pengumpulan video dan penjurian dilaksanakan mulai tanggal 7-20 Agustus 2023. Sebagai acara puncaknya, “Exoteris Band” tampil di Grha Bung Karno pada Malam Apresiasi Sekolah Berintegritas dan Festival Musik hari Rabu (23/8), sekaligus menerima penghargaan dari Bupati Klaten.

Personil  “Exoteris Band” terdiri dari Agustina Diva Amelisa 7B (biola), Adrian Amos Setiawan 7C (gitar melodi), Erlano Putra Giventta 8B (bass), Krissatria Farrel S.P. 8B (keyboard), Yohannes C. Wibi 8D (gitar), Neo Charisto 8D (drum), Maria Magdalena Amelia F. 8G (vokal), Gracia Rianti K. 9C (biola).

Menurut Sri Suwarni, S.Pd selaku Waka Kesiswaan, partisipasi band siswa dalam festival ini adalah kesempatan bagus bagi siswa untuk menyalurkan minat dan bakat dalam bermusik. “Anak-anak Exoteris Band telah menunjukkan semangat yang tinggi dengan tenggat waktu yang sempit. mereka memiliki mental tangguh dan memiliki keterampilan musik yang luar biasa”, tambahnya.

Exoteris Band membawakan 1 lagu pilihan berjudul "Koe Lan Klaten" dari 3 lagu yang disediakan panitia. Lagu-lagu tersebut adalah lagu dari grup band lokal Klaten "Wani Muni Band". lagu "Koe Lan Klaten" digubah sebagian liriknya berisi pesan-pesan antikorupsi sebagai salah satu syarat penilaian lomba. Proses penggubahan lagu dibantu bimbingan dari Bapak dan Ibu guru, khususnya guru Bahasa Jawa.

Dengan keberhasilan meraih juara pertama dalam Festival Band Antikorupsi ini, siswa SMP N 2 Klaten khususnya Exoteris Band mampu mengeluarkan segenap potensi dalam bidang seni musik di Kabupaten Klaten. semoga siswa SMP N 2 Klaten terus jaya dan mengharumkan almamater. (Aziz)

Bagikan

BERITA LAINNYA