Berita


Berita


Jumat, 04 November 2022 | 426 views
SISWA SMP N 2 KLATEN RAIH SPECIAL AWARD LKIR

Pada tanggal 27 – 30 Oktober 2022 berlangsung Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-54 dan National Young Inventors Award (NYIA) ke-15 oleh Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) di Gedung Innovation Convention Center (ICC), Kawasan Sains dan Teknologi, Cibinong. LKIR dan NYIA BRIN merupakan lomba karya ilmiah yang bergengsi dan tertua di Indonesia.

Siswa dari SMP N 2 Klaten yang meraih penghargaan “Special Awards” LKIR bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian dan Kelautan dari BRIN adalah Amanda Putri Kusmiran dan Farrel Rahmadhan. Dalam pelaksanaan penelitian Amanda dan Farrel mendapatkan pendampingan dari Heri Purwanto, S.Pd; Dr. Kiki Syahputri Handayani; dan Leony Vita Artanti.

Penelitian mereka berjudul “Analisis Kualitas Air Dengan Permodelan Water Analysis Simulation Program (WASP) Sebagai Dasar Penentuan Lokasi Budidaya Ikan Nila Merah (Oreochromis niloticus) Pada Keramba Jaring Apung Di Rawa Jombor”

“Ide penelitian berawal dari keluhan para petani ikan di Rawa Jombor yang mengalami kerugian akibat kematian massal ikan nila yang dibudidayakan, sehingga petani ikan mengalami penurunan pendapatan. Oleh karena itu, diperlukan suatu analisis kualitas air di Rawa Jombor untuk menentukan lokasi budidaya ikan nila yang optimal agar tidak terjadi lagi kematian massal pada ikan nila yang dibudidayakan” papar Amanda di Klaten, Selasa (1/11/2022).

Farrel menambahkan, hasil analisis kualitas air di Rawa Jombor dibuat grafik menggunakan WASP dan diintepretasikan menjadi peta persebaran menggunakan ARCMAP. Pembuatan peta persebaran tersebut bertujuan untuk memudahkan petani ikan nila dalam melakukan pembacaan hasil analisis.

Heri Purwanto, selaku pembimbing mengatakan, mungkin bisa tidak mudah dalam melakukan penelitian ini karena membutuhkan waktu yang cukup lama dan akurasi yang tepat, sehingga diharapkan didapat hasil penelitian benar benar akurat yang akan memberikan  manfaat bagi masyarakat sekitar dalam meningkatkan budidaya ikan nila dan juga memberi sumbangan saran kepada pemerintah kabupaten klaten sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan lokasi di Rawa Jombor.

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Klaten, Ismadi, S.Pd, M.M, sangat mengapresiasi keberhasilan Tim Riset SMP N 2 Klaten di ajang LKIR oleh BRIN tahun 2022. Beliau berharap agar hasil dari penelitian ini dapat diimplementasikan secara langsung, sehingga memudahkan petani ikan di Rawa Jombor dalam menentukan lokasi yang optimal untuk budidaya ikan nila dan mencegah kematian massal pada ikan nila merah yang dibudidayakan.

Bagikan

BERITA LAINNYA